Kamis, 24 Januari 2013

Skenario Konseling Individu (pacaran)


Ksli      : Assalamu’alaikum Wr. Wb
Ksr      : Wa’alikumsalam wr. Wb
              Oh…. Ada mas Riki…. Silahkan masuk…. Silahkan duduk
Ksli      : Iya Pak terima kasih
Kslr      : Bagaimana kabar Bapak dan ibu ?
Ksli      : Alhamdulillah sehat Pak !
Kslr     : Kemaren kan sekolah kita ini mengikuti kejuaraan Futsal di Pringsewu, Bapak         seringmalihat Mas Riki mengikuti latihan Futsal ketika disekolah, apakah waktu kejuaraan kemaren Mas Riki juga masuk dalm Tim ?
Ksli      : Iya Pak (sambil mengangguk)
Kslr      : Bagaimana hasilnya, apakah masuk babak final?
Ksli      : Tidak Pak, kami hanya sampai semi final saja.
Kslr      : Itu juga adalah hasil perjuangan kalian, dan hasil itu juga cukup baik.
Ksli      : Pak..... ada yang ingin saya bicarakan dengan Bapak.
Kslr      : Tampaknya ada sesuatu yang akan mas Riki ceritakan kepada Saya ?
Ksli      : iya pak, tapi saya hanya memiliki waktu 30 menit pak, karena pada jam 09.00 saya ada ulangan matematika.
Kslr      : ”Kalau demikian, marilah kita manfaatkan waktu selama 30 menit ini dengan sebaik-baiknya”
Ksli      : Saya benci dan marah dengan pacar saya pak.
Kslr      : coba mas riki jelaskan secara rinci, tentang perasaan benci dan marah yang mas Riki alami
Ksli      : Gimana tidak marah ya pak.... waktu itu saya meminta pacar saya itu untuk menemui orang tua saya, akan tetapi dia menolaknya, hal itulah yang membuat saya menjadi benci dan marah dengan dia.
Kslr      : Saya dapat memahami perasaan mas Riki
Ksli      : Jujur aja pak.... sebenarnya saya itu masih cinta dengan dia.
Kslr      : Mas riki tadi mengatakan benci dan marah, sekarang mas riki mengatakan masih cinta kepada pacarnya. Tampaknya mas Riki masih ragu-ragu terhadap perasaan mas Riki itu sendiri.
Ksli      : iya Pak....
Kslr      : Mas Riki tidak yakin dengan perasaan mas riki, coba kemukakan apa yang menyebabkan mas riki ragu ?
Ksli      :jadi bengini pak, pada mulanya hubungan kami baik-baik saja, namun ketika orang tua saya tidak menyetujui hubungan kami, pacar saya itu mulai berubah sikapnya, dia mulai menjauh dari saya, dan tidak mau lagi jika saya ajak kerumah.
Kslr      : o... ya... lalu
Ksli      : saya waktu itu sempat stres pak, belajar menjadi terganggu, mau sekolah tidak semangat... akhirnya minggu kemaren saya pergi ke tempat nenek di Bandung untuk menenangkan diri sejenak.
Kslr      : seandainya hal tersebut terjadi pada saya, saya pun akan melakukan hal seperti itu....
Coba anda ceritakan secara lebih rinci lagi, mungkinkah pacar anda itu masih mempunyai perasaan cinta kepada anda ?
Ksli      : ketika saya meminta kejelasan mengenai hal itu, dia mengatakan bahwa memang masih ada rasa cinta. Akan teapi dia malu dengan orang tua saya.. soalnya waktu itu...
Kslr      : Ceritakan semuanya dengan jujur, percayalah kerahasiaan ini akan terjaga baik
Ksli      : Waktu itu saya pernah mengajak dia kerumah, maksud saya ingin mengenalkan dia kepada orang tua saya, ketika itu juga orang tua saya,, marah kepada saya..
Kslr      : Bisakah anda peragakan bagaimana sikap dan kata-kata ayah anda ketika memarahi anda ?
Ksli      : ”Riki ini siapa? Kok memakai baju yang belum jadi, dan rok nya malah dipotong separuh, ni teman kamu apa riki, kok gak sopan amat”
Seketika itu juga muka dia merah bergitu mendengar perkataan bapak saya itu pal, mungkin dia malu, karena memang pakaian dia waktu itu terbuka... yah bapak tau lah namanya anak muda jaman sekarang...
Kslr      : terus....
Ksli      : sejak saat itulah dia tidak mau lagi saya ajak kerumah untuk silaturahmi dengan bapak saya. Dan dia juga mulai menjauhi saya....
Kslr      : dai beberapa pembicaraan kita dapat simpulan bahwa ; perriki, anda masih cinta, betul ? kedua, anda benci dan marah kepada pacar anda karena dia tidak mau diajak silaturahmi kerumah anda, betul? Ketiga, pacar anda tidak mau kerumah anda karena merasa malu dengan orang tua anda, betul?, keempat, orang tua anda kurang suka dengan cara berpakaian pacar anda, betul ?
Kslr      : Bagaimana menurut pendapat anda, apa yang seharusnya dilakukan pacar anda sehingga dapat membuat orang tua anda senang dan menyetujui hubungan kalian ?
Ksli      : yang saya harapkan dari pacar saya itu, dia mampu merubah cara berpakaiannya, jangan terlalu mendolok, sedikit dirubah supaya bisa menarik simpati orang tua saya.
Kslr      : Pernahkan anda coba mengatakan hal tersebut kepada pacar anda ?
Ksli      : belum Pak... karena saya tidak yakin dapat merubah cara berpakaian dia.
Kslr      : anda mengatakan tidak yakin, apa yang menyebabkan anda ragu ?
Ksli      : Pacar saya itu anaknya gaul banget pak, jadi dia gak bakalan mau untuk merubah cara berpakaian yang menurut dia, dia mengikuti bintang idolanya..
Kslr      : ada pepatah mengatakan ”Jika kita melihat sesuatu dengan positif, maka semua akan terlihat baik, sebaliknya jika kita melihat sesuatu dengan negatif maka semua yang tampak adalah kejelekan”
Ksli      : Maksud dari pepatah itu apa pak
Kslr      :Mas riki yakinlah dulu bahwa Pacar Mas riki mau berubah, karena seseorang yang masih cinta pasti bersedia melakukan yang terbaik demi hubungan tersebut. Bukankah dia masih cinta dengan mas riki ?
Ksli      : betul pak
Kslr      : tampaknya mas riki sudah dapat mengerti apa yang semestinya mas riki lakukan, kapan mas riki akan coba mengataknnya kepada dia ?Maaf siapa nama pacar mas riki itu
Ksli      : namanya Veronika pak..
Kslr      : terus... kapan mas riki coba mengatakan kepada veronika supaya dia mau berpakaian sederhana ketika bertemu orang tua mas riki?
Ksli      : secepatnya saya akan mengatakan kepada veronika untuk dapat berpakaian dengan sederhana, kalau benar dia masih cinta dengan saya dia harus rela berkorban demi direstuinya hubungan kami.
Kslr      : mudah-mudahan  pacar mas riki dapat memahami ini semua, dan hubungan kalian dapat kembali harmonis, dengan begitu mas riki dapat kembali fokus ke belajar dan lebih semangat sekolah lagi.
Ksli      : amin...... terima kasih atas waktu yang bapak berikan,,, karena sudah jam 09.00 saya mau kembali ke kelas untuk mengikuti ulangan matematika.
Kslr      : iya sama-sama, bapak juga senang dapat menjadi teman sharing mas riki..... kalau lain kali ada yang perlu dibicarakan kembali,,,, mas riki jangan sungkan-seungkan untuk datang ke ruangan bapak..
Ksli      : baik pak... Assalamu’alaikum
Kslr      : wa’alaikumsalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar